06:58
0
Hy agan-agan, selamat malam,subuh,pagi,siang dan sore..heheheh :v
kali ini SOPPENG SHARE sedikit berbagi ilmu tentang cetak offset, karena mendapat sedikit pencerahan dari tugas kampus yang betul-betul bikin galau... :v
banyak omong aja gue dari tadi, langsung aja yah.... MAAF COPY DI GOOGLE JUGA :v


PROSES CETAK OFFSET:
Persiapan Tinta
     Sebelum mencetak kita masukkan tinta offset, disini saya menggunakan Peony, masukkan ke dalam baki tinta yang terletak di ujung mesin, aduk hingga rata
Tips :
Untuk tinta yang keras terutama tinta bronze red, yellow usahakan waktu menyimpan diberi air dalam kaleng tinta agar tintanya tidak mudah kering.
Persiapan Air
      Air diperlukan untuk membersihkan tinta yang ada di plat master, kualitas hasil cetakan juga sangat dipengaruhi oleh faktor ini, Siapkan air 1 liter lalu dicampur dengan etching ukuran 2 tutup botol etching, campurkan kedalamnya, diamkan sekitar 10 menit, kemudian tuangkan ke dalam bakir air yang terletak dibawah roll air.
Persiapan Baki Kertas
     Kertas yang akan dicetak akan diletakkan disini, sesuaikan dengan ukuran kertas yang akan dicetak, letak baki usahakan ditengah – tengah posisi mesin atau posisi plat master.

Persiapan Plat Master Paper atau Plate Seng
     Plat master ada dua macam : plat master paper (kertas) dan plat seng, untuk plat master paper oleskan etching dengan kapas sampai rata, sedangkan plate seng bisa menggunakan obat plat remover untuk menghilangkan sisa obat developer.
Untuk menjalankan mesin ini ada dua posisi jalan, Posisi 1 dan Posisi 2 :
Posisi 1         
Adalah mesin dijalankan dalam keadaan roll plat atas dan bawah tidak menempel pada silinder plat sehingga posisi ini tidak bisa untuk mencetak.
Posisi 2 
Adalah mesin dijalankan dalam keadaan roll plat atas dan bawah menempel pada silinder plat sehingga  posisi ini siap untuk mencetak apa saja.

Sekian dulu yah dari gue, semoga bermanfaat bagi Mahasiswa terutama yang lagi galau...hihihihihi


0 comments:

Post a Comment