04:47
0
  
  Kelelawar adalah mamalia yang dapat terbang yang berasal dari ordo Chiroptera dengan kedua kaki depan yang berkembang menjadi sayap.Kelelawar merupakan hewan malam, atau disebut juga hewan nokturnal.

   Karena beraktifitas mencari mangsa di malam hari kelelawar sulit untuk menggunakan indra pengelihatanya dan kelelawar menggunakan gelombang ultarsonik untuk dijadikan radar. Mekanisme radar kelelawar buah untuk memantau lingkungan lebih canggih dari yang diperkirakan sebelumnya oleh para ilmuan.

   Menyebut nama Kabupaten Soppeng, maka yang terbayang adalah sejumlah kalong (kelelawar) yang bergelantungan di atas pohon di sejumlah tempat di wilayah kota Soppeng khususnya di Watansoppeng. Begitu memasuki wilayah kota Soppeng, maka kita akan dihadapkan dengan bau menyengat khas kelelawar, ditambah dengan pemandangan kalong-kalong yang tengah tertidur sambil bergelantungan di dahan-dahan pohon asam seakan tidak terusik dengan ramainya manusia yang sibuk dengan aktivitas masing-masing.

   Pemandangan lain akan terlihat ketika menjelang petang, kalong-kalong ini mulai terbangun dan siap terbang mencari makanan ke berbagai penjuru. Kalong-kalong ini begerak meninggalkan tempatnya bergelantungan ibarat pasukan perang menuju medan laga. Terdengar suara gemuruh seakan menutupi langit kota Soppeng.

    Menjelang pagi, sebelum fajar menyingsing, kalong-kalong ini kembali ke pohon-pohon yang telah dijadikan tempat tinggalnya. Kisah kehadiran kalong-kalong ini di kota Soppeng menjadi ragam cerita. Mulai dari yang bersifat magis sampai yang berbau takhayul.

   Namun, semua menambah khazanah keunikan kehadiran kalong tersebut. Bagi masyarakat kota soppeng, kehadiran kalong-kalong ini sebagai penjaga kota. Selain sebagai penjaga, kalong-kalong ini juga akan memberi pesan-pesan tersirat tentang kemungkinan hal-hal yang akan terjadi dalam waktu beberapa hari, minggu atau bulan di wilayah tersebut.

0 comments:

Post a Comment